Tari Seudeti Tarian Adat Aceh Syarat Makna

Tari seudeti tarian adat aceh syarat makna. Pembaca yang budiman kebudayaan merupakan identitas dan karakter suatu bangsa. Kita bisa mengenal ba sifat dan karakter suatu bangsa dari seni dan kebudayaan yang di milikinya. Kebudayaan dan seni merupakan karya intelektual suatu bangsa. Oleh karena itu kiota bisa bangga karena kita memiliki aneka budaya yang sdiluung bergam dan tentunya smeua ini merupakan cirri dan karakter bangsa Indonesia. Ini bukan omong kosong belaka. Bila anda telaah budaya budaya bangsa bangsa lain maka anda akan mengerti dnegan apa yang saya maksud. Banyak sekali Negara Negara lain yang membanggakan kebudayaanya tapi faktanya budaya itu meruakan sesuatu yangs nagat sedernana. Bukan merendahkan bangsa dan atau budaya lain tapi nyatanya kebudayaan dan seni Indonesia sangat bergam dan sangat kopleks sekali. Anda tentu tahu bagaimana beberpaa Negara afrika banga dengan musisk yang di hasilkan dari drum yang di modifikasi. Coba bandingkan hal ini dengan budaya anglkung atau karawitan juga music jawa yang snagat komplek dan sulit utnuk di mainkan. Tariuan kita juga sangat beragam Trai seudati merupakan tarian masyarakat aceh yang sudah ada sejak jaman dulu. Tarian ini sangat syarat dnegan makna dan keagamaan.tari seudati

Tari seudati

Trai seudati di percaya sebagai tari yang berasal dari tarian ratoh yang berkembang pesat di dareah pesisir urata aceh. Pada awalnya tarian ini di mainkan ketika ada acara penting seperti menyambut panen hajatan dan bahkan sebagai tari pembuka pada acara sabung ayam. Ketika agama islam masuk tarian ini di tubah dan mengalami akulturasi menjadi tasian seudati seperti yang kita kenal saat ini. Pada awalnya Syeh Tam yang tingggal di desa Gigieng Simpang kabupaten Pidie memperkanalkan tarian ini sbegaia media dakwah. Slenajutnya tarian ini berkembang ke desa Didoh dan disini perkembanganya di pelopori oleh syakh Didoh.
Nama tarian Seudati sendiri sebenarnya berasal dari kata syahadatain atau syahadati yang pada dasarnya adalah kunci dari akagama islam dimana syahadat merupakan pengakuan umat islam atas Tuhan Alloh semesta dan nabi Muhammad sebagai rosul dan nabi terakhir. Namun demikian ada yang berpendapat bahwa tari seudati itu berasal dari kara seurasi yang artinya adalah kompak. Pada masanya tari ini di gunakan sewbagai media dahwah. Dengan atri ini cerita cerita kegidupan di sampaikan. Problem probem kehiduoan sehari hari di sajikan dalam tarian ini. Samua seperti di dareha daerah lain kesenian di jadikan media dakwah dan penyebarfan agama islam pada waktu itu.

Formasi tari seudati

Pada dasarnya tari seudati di tampilkan oleh delapan orang penari laki laki yang lincah. Tarian ini di pimpin seorang penari pemimpin yang di sebut sheikh. Ia akan di bantu oleh pembantu yang di sebut dnegan apeetwie yang berada di sebelah kiri dan apetbhak yang ada di pelakang. Masih ada tiga pembantu lainya disini ya. Ketika menari biasnya diiringi dengan lagu yang di bawakan oleh seorang penyanyi yang di sebut dengan aneuk syani. Berbeda dnegan tarian tarian yang ada di daerah lain yang bisanya di iringi dnegan aneka bunyi bunyian seperti gamelan dan lein sbegainya, tarian seudati di tampilkan tanpa bunyi alat perkusi. Traian ini di tampilkan dengan di iringi tepukan tangan pinggang serta hentakan kaki ke lantai tempat menari. Petikan petikan jari juga sering di tmapilajn dalam tarian ini di mama semua gerakan yang menimbulokan bunyi tersebut di tampilkan sesuai dnegan cerita yang sedang di bawakan oleh para penari. Bila ands perhatikan bahwa gerakan gerakan tarian ini begitu dinamis dan mempesona. Gerakan gerakan tari ini juga melambangkan sifat dan karakter dalam cerita yang di bawakanya. Teukan dada misalnya bisa disimbulkan sebagaia kesombongan dan juga sebgaai sifat kesatria tergantung cita apa yang sedang di bawakan. Ketika sedang menarikan tarian perang maka tarian ini bisa membangkitkan semangat untuk berperang. Tarian ini sempat doi larang ketika jaman penjajahan belanda. Belanda tentunya merasa kertakuan bahwa setelah mereka melihat tarian ini banyak pemuda yang akan memberontak. Baru setelah Indonesia merdeka tarian ini di perbolehkan kembali untuk di tampilkan. formasi tari seudati

Secara umum tari seudeti masuk dalam kategori tribal dance. Ketika tmapil para penari memakai celana panjang serta kaos oblong berwarna putih. Kain songket biasanya di pakai untuk menghiasi paha dan pingang penari. Tap luput rencong di gunakan dantu menghiasi bagian punggung para penari. Denag penampilan tari seperti ini maka akan snagat menunjang akan gerakan dan performa sang penari yang identik dnegan lincah dan sangan menarik. Tari ini benar benar indah dan masih banyak yang suka dan menikmati tarian ini dnegan seksama. Padahal zaman sekarang adalah zaman modern di mana banyak sekali fasilitas hiburan yang bisa dengan mudah kita dapatkan. Anda bisa bayangkan betapa menariknya tarian seudati dulu di mana di tampilkan pada zaman di mana internet belum ada sehingga hiburang benar benar sangat terbatas. Tari ini benar benar snagat menghibur dan menarik banyak perhatian orang saat itu. Bnyak orang berkumpul dalam jumlah besar ketika tarian ini di tampilkan. Hal ini juga merupakan sarana yhang bagus untuk mengumpulkan banyak orang dan untuk kemudian masukan nila nilai islam dlam setap cerita yang di bawakan tari seudati.Cara cara ini juga di lakukan olah ulama ulama di tanqah jawa dalam upaya merferka untuk memperkanalkan islam pada penduduk lokal tanpa harus mengadakan peperangan. Imni adalah cara cara arif dan cara yang paling baik ketika suatu kelompok orang memeluk agama islam dengan cara cara damai dan bermartabat.

Pembaca yang budiman, demikianlah ulasan kita yang membahas tentang Tari seudeti tarian adat aceh syarat makna. Semoga apa yang sudah kita bhas bisa berguna dan bermanfaat bagi anda pemerhati taruan nusantara. Semoga kita bisa melestarikan kebudayaan dan kesenian kita yang jumlahnya snagat banyak dan beragam ya.

Tag:, , ,

Related to Tari Seudeti Tarian Adat Aceh Syarat Makna

One comment on “Tari Seudeti Tarian Adat Aceh Syarat Makna

Comments are closed.