Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Benar

Cara menghitung usia kehamilan yang benar. Pembaca yang budiman dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang usia kehamilan dan cara menghitungnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa kondidi kehamilan yang normal akan terus berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada sang janin tapi juga terhadap tubuh dan fisik sang ibu yang mengandung. Dengan adanya perubahan perubahan ini kita harus tahu usia kehamilan kita. Dengan mengetahui usia kehamilan kita bisa menyesuikan dnegan perkembangan yang ada. Bila sudah mencapai usia kehamilan tertentu dan perkembangan janin tidak sesuai dengan yang di harapkan maka kita bisa bertindak lebih awal. Inilah kenapa kita perlu mengetahui berapa usia kita yang sebenarnya. Untuk mengetahui usia kehamilan sebenarnya tidak susah. Namun demikian kita memang perlu menghitungnya. Berikut kami sajikan ualsanya ya.cara menghitung usia kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan

Ada beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan:

a. Menggunakan system kalender.

Bila anda ingin mengetahui usia kehamilan dengan menggunakan kalender, maka anda harus mengetahui hari pertama haid terakhir anda. Rumus yang di pakai adalah rumus Neagele. Menurut rumus ini maka hari perkiraan lahir atau HPL ADALAH hpht -7 bulan HPHT -3 dan pada tahunya di tambah angka satu. Bila bulan tak bisa di kurangi dengan 3 maka di tambah 9 saja tapi tahun tidak di tambah ya. Sebagai contoh hpht 17/8/2015 maka 17-7 sama dengan 10 iji sebagai tanggal. Bulan agustus atau bulan 8 -3 berari bulan 3 atau mei tahunya 15 di tambah satu berarti 2016. Berarti bayi kemungkinan lahir 10 mei 2015. Ini perkiraan ya jadi bisanya di tambah dan di kurangi 1 minggu. Ini hanya cocok bagi mereka yang mempunyai siklus haid normal 28 dan 30 hari

b. Menggunakan system fundus uteri

Penggunan fundus uteri ini bisanya di lakukan oleh parta tenaga kesehatan sepeti bidan dan perawat dan juga dokter. Penghitungan lebih mudah bila ibu hamil tidak terlalu gemuk Rumusnya adalah bahwa setiap 2 jari menunjukan usia kehamilan bertambah 2 minggu. Caya mengukurnya di mulai dari atas tulang kemaluan.

c. USG

Cara yang dirasa lebih akurat adalah dnegan menggunakan usg atau ultra sonogray di mana pencitraan terhadap kadung rahim dan jamin bisa di ambil dengan relative jelas. Ketepan memperkirakan usia kehamilan dnegan USG DIPERCAYA MENCAPAI 95 PERSEN.

Pembaca yang budiman emikian tadi ulasan kita yang membahas tentang Cara menghitung usia kehamilan yang benar. Semoga apa yang sudah kita bahas bisa berguna dan bermanfaat ya.

Tag:, , , , ,

Related to Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Benar